23.4.11

DNA DAN RNA SENSE POSITIF DAN NEGATIF PADA VIRUS


*        DNA Positif Sense
Positif – sense DNA virus merupakan untaian yang mengandung sequen basa yang sama seperti mRNA, dimana mRNA dari beberapa untai ganda DNA virus dapat langsung di terjemahkan atau di transcribe baik dari untaian atau pada daerah trankripsi yang mungkin dapat terjadi tumpang tindih (overlap).
*        DNA Negatif Sense
Negatif – sense  DNA (antisense) adalah untai tunggal DNA yang dapat berhibiridisasi dengan untai DNA yang berfungsi sebagai template dalam proses transkripsi. Negatif – sense DNA ini tidak dapat diterjemahkan menjadi protein langsung. Sebaliknya, terlebih dahulu harus ditranskripsi menjadi positif-sense DNA yang bertindak seperti mRNA.
*        RNA Positif Sense
Positif sense (5 'ke 3') RNA virus menandakan bahwa suatu virus RNA urutan tertentu dapat langsung diterjemahkan ke dalam protein virus yang diinginkan. Oleh karena itu, dalam arti positif virus RNA, RNA genom virus dapat dianggap mRNA virus, dan dapat segera diterjemahkan oleh sel inang. Tidak seperti negatif sense-RNA, positif-sense RNA adalah pengertian yang sama dengan mRNA. Beberapa virus (misalnya Coronaviridae) memiliki genom positif-sense yang dapat bertindak sebagai mRNA dan digunakan langsung untuk mensintesis protein tanpa bantuan RNA komplementer komplementer. Karena itu, virus ini tidak perlu memiliki RNA transkriptase yang dikemas ke dalam virion.

*        RNA Negatif Sense
Negatif-sense (3 'to 5') RNA virus melengkapi mRNA virus sehingga harus diubah menjadi positif-sense RNA oleh polimerase RNA sebelum diterjemahkan. Negatif-sense RNA (seperti DNA) memiliki urutan nukleotida komplementer terhadap mRNA yang disandikan. Seperti DNA, RNA ini tidak dapat diterjemahkan menjadi protein langsung. Sebaliknya, terlebih dahulu harus ditranskripsi menjadi positif-sense RNA yang bertindak sebagai suatu mRNA. Beberapa virus (misalnya, influenza) memiliki negatif - sense genom sehingga harus membawa RNA polimerase di dalam virion agar RNA dapat diterjemahkan.

No comments: